Halaman blog ini akan terus mengalami perubahan dan akan terus disempurnakan. Penambahan artikel serta konten-konten terbaru termasuk driver, game dan software terbaru akan terus dilakukan. Tampilan akan lebih optimal jika anda menggunakan Mozilla Firefox Internet Browser. Jangan Lupa Install Adobe Flash Player dan Java Runtime Environment agar hasil lebih baik.
Download Free & Full Version Software hanya di sini yang paling seru!
--> Pelajari Cara Download di Web ini <--

Realtek HD Audio di Windows 7

Beberapa hari sempat stres, mau latihan kaga bisa. Tancepin instrumen ke Line-in lepinya (Axioo Neon, MNC model 11xx) ade' kok tiap ane maenin suaranya delay beberapa detik? Haduwh pusing dah mikirinnya. Sempet beralih pake kompi Bapak tapi wah lebay banget. Built-Up ce boleh lah tapi kalo udah jadul ya mbrebet donk?

Sempet beberapa hari ane latihan pake kompi Bapak, ya walo emang bener lebay mbrebetnya tp mo gimana lagi?? Setelah ane seteres dengan keadaan itu (karena latihan gak bisa sambil buka Sibelius atauw Guitar pro buat baca partiturnya) ane nekad nyari setting yang bener biar lepi ade' bisa dipake.

Akhirnya ketemu juga ni settingnya. Sound dari Line-In jd gak delay lagi. Ini langkah-langkahnya;

1. Buka Realtek HD Audio Manager di TaskBar Icon, klik 2X


2. Setelah tebuka Tab Speaker (untuk mengatur Master Volume) pindah ke Tab Microphone.


3. Pastikan Recording dan PlayBack Volume tidak dalam posisi Mute, Buka volume sekitar 50%. Nanti bisa diseting lagi sesuai kebutuhan. Setelah itu klik OK untuk meutup jendela. Kalo mau Nge-Tune pake Ap Guitar tuner/Record pake Adobe Audition kedua channel itu harus dalam keadaan aktif. Kalau sedang tidak dipakai sebaiknya diposisikan dalam keadaan Mute. Untuk penguat Mic-nya/Boost klik gambar Mic di bagian kanan level Recording Volume.


4. Klik kanan ikon speaker di taskbar. Pilih Playback Device/Peranti Main Kembali.


5. Masuk ke Tab Recording, pilih michophone, klik properties.


6. Buang tanda centang jika ada, karena jika dicentang suara akan menimbulkan delay.


7. Pindah ke Tab Level/Tingkat. Tutup/Mute pada Microphone agar tida timbul suara masuk dari microphone lepi. Naikkan level Microphone Boost (Penguat Mic) jika Line-In terdengar samar-samar. Jika sudah klik Terapkan atau langsung OK


8. Pindah ke Tab PlayBack/Main kembali. Pilih Realtek Digital Output sebagai Default Device, Set as Default/Setel Asali. Terapkan, OK.


9. Klik kanan ikon speaker di taskbar. Pilih Volume Control Options/Opsi kontrol volume


10. Beri tanda centang hanya pada Default Communication Device/Peranti Komunikasi Asali dan Realtek Digital Output. Terapkan, OK.


11. Setel Master Volume Mixer Volume sini atau bisa juga dari Realtek HD Audio Manager

Mixer Volume

Realtek HD Audio Manager

Setelah itu Line-In kompi uda bisa ane pake latihan sama Instrumen ane. Seneng deh bisa latihan sambil baca/nulis di Sibelius dan Guitar Pro. Jangan lupa alihkan output sound ke Realtek HD Audio. Selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar