Halaman blog ini akan terus mengalami perubahan dan akan terus disempurnakan. Penambahan artikel serta konten-konten terbaru termasuk driver, game dan software terbaru akan terus dilakukan. Tampilan akan lebih optimal jika anda menggunakan Mozilla Firefox Internet Browser. Jangan Lupa Install Adobe Flash Player dan Java Runtime Environment agar hasil lebih baik.
Download Free & Full Version Software hanya di sini yang paling seru!
--> Pelajari Cara Download di Web ini <--

Sibelius 6 atau 7 ?

Bagi anda para Maestro, Komposer, Player, Mahasiswa musik, dan semua yang suka musik pasti anda semua sudah mengenal software ini. "Sibelius Software", menulis notasi Band/Orkestra kamu dengan lebih mudah dan lebih baik. Sudah pernah membuktikan?

Aku udah nycoba Sibelius versi 6. Menurutku program ini terlalu banyak memakan resources memori RAM. Sehingga leptopku terasa menjadi sangat lambat ketika digunakan. Saat melakukan PlayBack, program tidak langsung memainkan Score yang telah ditulis. Sempat ada delay beberapa detik, lepiku jadi mbrebet! Aku pikir lepiku yang lemod. Eh ternyata pas aku tanyain ke temen-temen masalahnya juga sama, mbrebet juga melanda leptop mereka.


Baru-baru ini aku browsing dan menemukan Sibelius Versi 7. Langsung dah aku sedooot.... Abis selesai download langsung aku install. Setelah selesai instal, aku buka tu Shortcutnya. Wow,, manteb baget, tampilan beda jauh sama versi sebelumnya. versi yang sekarang tampilannya seperti Ms. Office 2007/2010. Bagus nie,, tapi tampilan barubikin rada bingung.



Dari segi memori/RAM yang digunakan juga lebih ditekan agar tidak terlalu banyak memakan resources. Penggunan memeori semakin sedikit namun optimal, sehingga program terasa lebih ringan dari versi sebelumnya. Masalah ke-Mbrebetan sedikit teratasi.


Task yang di High Light itu adalah Sibelius versi 6 dengan pemakaian memori yang lebih banyak dari pada versi 7 (proses dibawahnya) dengan menampilkan New Score, tapi degan lembar kosong, Tanpa notasi instrumen apapun. Anda ingin mencoba? Silahkan buktikan sendiri. Keputusan ada ditangan anda, mau Sibelius yang versi 6 atau 7?


Shortcut yang baru,


Selamat mencoba!

Nb: Kalau Sibelius kamu pas PlayBack gak ada suara, cek dulu di setting General MIDI, Pilih basic atau enhanced.


Kalau pas PlayBack suaranya mbrebet atau nyendat-nyandat, cek di setting Sound Card Drivernya.
1. Klik Tab Play,
2. Klik ikon kecil yang berada di pojok bawah kanan, di bawah Mixer


3. Klik Audio Engine Option


4. Klik Audio Interface, Interface,


5. Pilih saja mana yang tidak mbrebet (dengan dicoba satu per satu karena perbedaan hardware yang dipakai) kalau sudah klik Close, Close untuk menutup dialog dan menyimpan setting.


Nb: Sayang Sibelius 7 kagak bisa dipake di Windows XP, aku pake Windows XP SP3, Sibelius versi 7.0.0.23 x86/x64 dan pas aku buka setup installernya ada dialog box ini:

6 comments:

  1. "lepiku menjadi mbrebet" bahasa qm ada " aja feb...

    BalasHapus
  2. Lha iyo kok ada-ada aja bro Febri,, Mrebetnya berat di RAM apa CPUnya yang "Ngoyo" mas bro?

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Oke sob segera dikirim.. silahkan sedooot, semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. mau nanya dong, cara aktifin suara dari sibelius 7, tapi bukan yang MIDI....

    BalasHapus
  5. Kalau windows 7 bisa instal sibelius 7 ngga mas bro?

    BalasHapus