Halaman blog ini akan terus mengalami perubahan dan akan terus disempurnakan. Penambahan artikel serta konten-konten terbaru termasuk driver, game dan software terbaru akan terus dilakukan. Tampilan akan lebih optimal jika anda menggunakan Mozilla Firefox Internet Browser. Jangan Lupa Install Adobe Flash Player dan Java Runtime Environment agar hasil lebih baik.
Download Free & Full Version Software hanya di sini yang paling seru!
--> Pelajari Cara Download di Web ini <--

Standard Tuning Bass

Bass adalah salah satu alat musik bernada rendah yang berfungsi mempertajam ketukan bass drum, memperjelas perpindahan nada, memberi aksen unik pada lagu, memberi efek perkusi dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Range Frequensi bass berkisar antara 30 - 140 Hz. Nada yang rendah tersebut tercipta karena struktur senar (string) pada bass berukuran cukup besar yaitu antara 0,020 - 0,135. Ukuran senar tersebut bisa dipasang sesuai dengan karakter suara yang diinginkan dan disesuaikan dengan jenis aliran musik yang dimainkan.


Bass pada umumnya ada 3 macam yaitu, bass dengan 4 senar, 5 senar, dan 6 senar. Semua funfsinya sama, namun bisa saja dengan karakter yang berbeda. Cara menghitung senar yaitu dimulai dari senar paling kecil biasa terletak pada urutan senar paling bawah sebagai senar pertama selanjutnya semakin keatas, senar yang paling besar adalah senar terakhir.

1. Bass Senar 4, Yamaha RBX4 A2 Bass Guitar, White

2. Bass Senar 5, Yamaha RBX 5A2 5 String Bass Guitar, Jet Black

3. Bass Senar 6, Yamaha TRB1006J 6-String Bass Guitar, Caramel Brown


Untuk standar tuningnya:
4 Strings 5 Strings 6 Strings Nada Frequensi
- 5 6 B0 30,868 Hz
4 4 5 E1 41,204 Hz
3 3 4 A1 55 hz
2 2 3 D2 73,416 Hz
1 1 2 G2 97,999 Hz
- - 1 C3 130,813 Hz

Pada dasarnya tuning tersebut dapat anda ganti sendiri sesuai kebutuhan kita, dengan tujuan untuk mempermudah kita dalam menjangkau nada yang akan kita mainkan nanti. Seperti pada lagu As I'am dan Panic Attack - Dream Theater, John Myung telah mengubah standard tuningnya dari yang semula B - E - A - D - G - C menjadi C - E - A - D - G - C untuk As I'am dan B - E - A - C - G - C untuk Panic Attack.

Saya seorang Bass Player dengan Bass Senar 5. Saya juga telah merubah tuning standar saya hampir dalam setiap permainan lagu agar permainan saya lebih efektif dalam menjangkau nada namun harus tetap dengan berbagai pertimbangan yang matang tentunya. Bagaimana dengan anda?

1 comments:

  1. Postingkan Komentar >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Postingkan Komentar >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Postingkan Komentar >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK W5

    BalasHapus