Halaman blog ini akan terus mengalami perubahan dan akan terus disempurnakan. Penambahan artikel serta konten-konten terbaru termasuk driver, game dan software terbaru akan terus dilakukan. Tampilan akan lebih optimal jika anda menggunakan Mozilla Firefox Internet Browser. Jangan Lupa Install Adobe Flash Player dan Java Runtime Environment agar hasil lebih baik.
Download Free & Full Version Software hanya di sini yang paling seru!
--> Pelajari Cara Download di Web ini <--

Bikin HBCD di FlashDisk

Menyambung dari artikel sebelumnya Booting komputer dengan HBCD, maka saya menulis posting terbaru tetang HBCD. Kali ini saya akan mengulas cara membuat HBCD dengan Flash Disk sebagai bootable media yang saya rasa lebih praktis dan efektif walaupun sedikit mahal biayanya dibandingkan dengan menggunakan keping CD.

Ikutilah langkah-langkah berikut ini:

1. Download HBCD.
2. Download USB Disk Storage Format
3. Download Grub4Dos Installer.
4. Siapkan 1 buah Flash Disk (Minimal 1GB, lebih juga boleh!)
5. Extract file hasil download tadi: Hirens.BootCD.14.0.zip, USBFormat.zip, dan grub4dos.zip.



6. Format Flasdisk anda dengan USB Format tools (sebenarnya tidak diformat tidak apa-apa, asal flashdisk tidak mengalami error atau sedang terjangkit virus)



7. Install Grub4Dos di Flashdisk anda. Pilih Flash Disk anda pada Device Name, Klik Disk, Refresh jika tidak volume disk anda belum muncul. Pada Part List, Refresh lalu Pilih "Whole disk (MBR)". Klik Install lalu tunggu sampai selesai.


Jika sudah selesai maka akan muncul jendela seperti ini;


8. Copykan (Send to) ke flashdisk File di folder hasil exctract dari Hirens.BootCD.14.0.zip yaitu *iso yang sudah di extract lagi tanpa merubah struktur folder yang ada.
9. Letakkan file grldr dan menu.lst di root direktori (H:\grldr dan H:\menu.lst) Drive Letter disesuaikan dengan Drive Letter FlashDisk di komputer anda.
10. Restart komputer anda untuk Boot dari USB FlashDisk
11. Masuk ke BIOS Setup, (Optional untuk mengatur Boot device sequence karena biasanya ada perangkat yang tidak otomatis melakukan boot dari USB sacara langsung)

Saat proses boot tekan tombol F8, atau F12, sesuai dengan Hotkey pada Laptop/Komputer anda, pilih boot from USB Flashdisk/USB HDD. Jika sudah terdeteksi maka dengan segera monitor anda akan menampilkan Hiren's Boot CD menu. Silakan di coba, semoga berhasil!

0 comments:

Posting Komentar