Halaman blog ini akan terus mengalami perubahan dan akan terus disempurnakan. Penambahan artikel serta konten-konten terbaru termasuk driver, game dan software terbaru akan terus dilakukan. Tampilan akan lebih optimal jika anda menggunakan Mozilla Firefox Internet Browser. Jangan Lupa Install Adobe Flash Player dan Java Runtime Environment agar hasil lebih baik.
Download Free & Full Version Software hanya di sini yang paling seru!
--> Pelajari Cara Download di Web ini <--

Cara mengatasi Update Failed pada ESET Antivirus & Smart Security

Sempat gempar gara-gara Eset gak bisa diUpdate! Tiap kali melakukan Update selalu muncul Notifikasi, "Invalid Username and/or Password". Mulai jengkel dan kesal ketika sebuah kotak dialog kecil muncul menyuguhkan sebuah form bertuliskan, "Please enter the Username and Password bla.. bla.. bla.. bla.."





Anda tidak perlu berkecil hati. Hal itu wajar, tidak ada yang salah dengan Eset. Lisensi (User dan Password) yang sedang dipakai mungkin memang sudah kadaluarsa atau mungkin lisensi sudah diblokir oleh server sehingga user diharuskan untuk membeli lisensi baru.

Cara mendapatkan lisensi (User dan Password) baru tanpa harus membeli sangatlah mudah. Anda hanya harus mempunyai sebuah aplikasi pencari lisensi otomatis yang bernama TNod User & Password Finder dan telah terinstal pada komputer anda. Langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini yaitu:

1. Klik icon "Update license" pada desktop anda. Jika tidak ada cari Shortcutnya di start menu anda.


2. Tunggu sampai aplikasi TNod User & Password Finder mendapatkan lisensi dan mengaktifkannya pada Eset anda secara otomatis.

3. Jika setelah anda meng-Klik aplikasi TNod User & Password Finder ternyata muncul notifikasi seperti di bawah ini, berati TNod User & Password Finder anda telah terdeteksi sebagai malware/riskware (program yang dapat menimbulkan kerusakan). Tak perlu panik, cukup masukkan aplikasi yang terblokir tersebut ke dalam Excusion list. (Langkah 5, 6, 7, 8, 10)


4. Namun jika setelah anda meng-Klik TNod User & Password Finder muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini, berarti aplikasi TNod User & Password Finder telah dikarantina/dihapus oleh Eset.


Jika hal tersebut terjadi, anda harus menginstal kembali aplikasi TNod User & Password Finder anda. Namun sebelum instalasi dilakukan masukkan file installer TNod User & Password Finder anda ke dalm Exclusion list agar tidak diblokir oleh antivirus. (Langkah 5, 6, 7, 9, 10)


Cara membuat Exclusion List pada Aplikasi agar dapat berjalan tanpa terblokir antivirus
5. Cari icon Eset pada tray icon dekat jam, klik segi tiga kecil agar icon yang tersembunyi muncul. Cari icon Eset yang berwarna hijau lalu klik kanan.


6. Matikan antivirus sementara dengan cara klik temporarily disable prtection dan temporarily disabe firewall (pada tahap ini pastikan komputer anda tidak terkoneksi internet atau tidak sedang terinfeksi virus). Klik Advanced setup


7. Expand pada bagian Computer hingga terlihat bagian Exclusion seperti pada gambar di bawah ini, lalu klik Add


8. Browse lokasi instalasi aplikasi TNod User & Password Finder anda, biasanya terletak di C:\Program Files\TNod User & Password Finder\ klik pada TNODUP.exe, klik OK


Jika langkah anda benar, maka lokasi aplikasi tersebut akan tertulis pada Exclusion list seperti pada gambar di bawah ini:


9. Tambahkan letak file Istaller TNod User & Password Finder pada Exclusion sebelum anda menginstallnya, agar saat dibuka tidak diblokir oleh antivirus. Langkah ini hanya perlu dilakukan jika anda mengalami masalah seperti pada gambar di langkah no 4 atau jika anda ingin menginstal ulang TNod User & Password Finder anda.


10. Setelah aplikasi dan installer TNod User & Password Finder Installer masuk pada Exclusion list, klik OK untuk menutup kotak Advaced setup tersebut.


Setelah semua langkah diatas selesai, nyalakan kembali proteksi antivirus dan firewalnya, jangan lupa juga koneksikan kembali komputer anda dengan internet.

Mencari Lisensi
11. Setelah selesai membuat exclusion list bagi yang terdeteksi sebadai riskware atau bagi yang baru seja menginstal ulang aplikasi TNod User & Password Finder, klik iconnya seperti langkan no 1 jika aplikasi tidak berjalan secara otomatis.


Aplikasi TNod User & Password Finder akhirnya dapat berjalan normal untuk mendapatkan lisensi secara otomatis.

12. Setelah lisensi diaktifkan, proses update pun dapat dijalankan.


13. Akhirnya proses update selesai juga!


Kesimpulan:
- Penyebab gagal update dikarenakan lisensi sudah tidak berlaku lagi/kadaluarsa
- Penyebab gagal mendapatkan update lisensi terbaru adalah karena aplikasi TNod User & Password Finder anda diblokir atau dihapus oleh antivirus karena TNod User & Password Finder merupakan aplikasi ilegal yang merugikan pihak Eset yaitu dengan menyediakan lisensi komersil secara gratis.
- Jika TNod User & Password Finder terblokir, buatlah exclusion list seperti pada langkah no 5, 6, 7, 8, 10 kemudian ikuti langkah 12, jika anda berhasil maka anda akan sampai pada langkah 13 yaitu keberhasilan mengatasi Update Failed.
- Jika aplikasi TNod User & Password Finder terhapus, buat exclusion list file instaler anda TNod User & Password Finder seperti langkah no 5, 6, 7, 9, 10, kemudian instal aplikasi TNod User & Password Finder lalu ikuti langkah no 12 sampai selesai.
- Exclusion list dapat digunkan untuk memberikan perkecualian pemblokiran aplikasi oleh antivirus, sehingga aplikasi yang masuk pada exclusion list tidak akan diperiksa oleh antivirus. Anda dapat mecoba membuat exclusion list dengan aplikasi lain sesuai kebutuhan anda namun pastikan aplikasi yang akan anda daftarkan ke exclusion list memang benar bukan VIRUS yang dapat merugikan anda pada nantinya.


Semoga berhasil!

2 comments:

  1. gan,, ko mlah ga ada yg valid sih username sama passnya,,

    BalasHapus
  2. Blogger: Deas Eula S - Posting Komentar >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Blogger: Deas Eula S - Posting Komentar >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Blogger: Deas Eula S - Posting Komentar >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 2j

    BalasHapus